November 28, 2010

HIV / AIDS di Dunia

1 comments



Menurut UNAIDS (Badan PBB untuk AIDS) sampai akhir 1995, jumlah orang yang terinfeksi HIV (Human Immuno-defisiensi Virus) di dunia telah mencapai 28 juta yang 2.400.000 dari mereka adalah kasus bayi dan anak-anak . infeksi baru terjadi setiap hari sebanyak 8.500 orang, sekitar 1000 di antaranya bayi dan anak-anak.

Sejumlah 5,8 juta orang telah meninggal akibat AIDS (Acquired Immuno Deficiency Syndrome), 1,3 juta di antaranya adalah bayi dan anak-anak. AIDS telah menjadi penyebab utama kematian di Amerika Serikat, Sub-Sahara Afrika dan Thailand. Di Zambia, epidemi AIDS telah menurunkan harapan hidup dari 66 tahun sampai 33 tahun, di Zimbabwe akan menurun dari 70 tahun menjadi 4o tahun dan di Uganda akan turun dari 59 tahun sampai 31 tahun pada tahun 2010.

Pola penularan virus AIDS:

Virus AIDS ditemukan dalam cairan tubuh manusia, dan paling sering ditemukan dalam darah, air mani dan cairan vagina. Dalam cairan tubuh lain juga bisa ditemukan (seperti susu cairan) tetapi jumlahnya sangat kecil.

Sebesar 75-85% penularan terjadi melalui hubungan seksual (50-10% diantaranya melalui hubungan homoseksual), 5-10% akibat alat suntik yang terkontaminasi (terutama pada pengguna narkoba suntikan), 3-5% melalui transfusi darah yang terkontaminasi.

infeksi HIV, sebagian besar (lebih dari 80%) diderita oleh kelompok usia produktif (15-49 tahun), terutama laki-laki, tetapi wanita cenderung meningkatkan proporsi pasien.

Infeksi pada bayi dan anak-anak, 90% terjadi dari ibu dengan HIV. Sekitar 25-35% bayi yang dilahirkan oleh seorang ibu dengan HIV akan menjadi terinfeksi HIV, infeksi terjadi selama kehamilan, saat melahirkan dan melalui menyusui. Dengan pengobatan antiretroviral pada trimester terakhir kehamilan, risiko penularan dapat dikurangi menjadi hanya 8%.

Siapa yang rentan terhadap AIDS VIRUS ? :

Infeksi virus AIDS terutama disebabkan oleh perubahan perilaku seksual pasangan. Oleh karena itu yang paling berisiko untuk tertular AIDS adalah mereka yang memiliki perilaku ini. Harus diingat bahwa perilaku seperti itu tidak hanya dimiliki oleh kelompok pekerja seks tetapi juga oleh kelompok lain seperti remaja, mahasiswa, eksekutif muda, dll. Jadi masalahnya di sini bukan pada “kelompok” mana tetapi pada perilaku “” yang memiliki beberapa mitra seksual.

Perjalanan Infeksi HIV / AIDS :

Bila seseorang terinfeksi virus AIDS dapat mengambil 50-10 tahun untuk sampai ke tahap yang dikenal sebagai AIDS. Setelah virus ke dalam tubuh manusia, selama 2-4 bulan keberadaan virus tersebut tidak dapat dideteksi dengan pemeriksaan darah meskipun virus itu sendiri sudah ada dalam tubuh manusia. Tahap ini disebut periode jendela. Sebelum terjadi tahap AIDS, orang HIV-positif diberi nama karena ada HIV di dalam darah mereka. Pada tahap HIV + keadaan fisik yang bersangkutan tidak mempunyai keluhan atau gangguan tertentu, dan bahkan bisa tetap bekerja seperti biasa. Dalam hal transmisi, sehingga dalam kondisi ini dan lebih dalam sudah aktif mengirimkan virus ke orang lain jika dia melakukan seks atau donor darah.

Sejak masuknya virus dalam tubuh manusia virus ini dapat merusak sel-sel darah putih (yang berperan dalam sistem kekebalan) dan setelah 5-10 tahun maka akan dihancurkan dan pasien kekebalan tubuh termasuk dalam tahap AIDS dimana terdapat adalah berbagai infeksi seperti infeksi jamur, virus virus-lain, kanker, dll. Pasien akan mati dalam waktu 1-2 tahun kemudian karena infeksi.

Di negara-negara industri, seorang dewasa yang terinfeksi HIV akan berkembang menjadi AIDS dalam waktu 12 tahun, sedangkan di negara-negara berkembang selama periode waktu yang singkat yaitu tujuh tahun.

Setelah menjadi AIDS, survival rate di negara industri telah bisa diperpanjang sampai tiga tahun, sedangkan di negara-negara berkembang masih kurang dari satu tahun. Tingkat kelangsungan hidup ini berhubungan erat dengan penggunaan obat antiretroviral, pengobatan infeksi oportunistik dan kualitas pelayanan yang lebih baik.

Pola infeksi secara global, sekitar 90% dari kasus HIV / AIDS di negara-negara berkembang.

distribusi saat ini adalah:

Sub-Sahara Afrika: 14.000.000
Asia Tenggara: 4.800.000
Asia Timur-Pasifik: 35 000
Timur Tengah: 200.000
Karibia: 270 000
Amerika Latin: 1.300.000
Eropa Timur – Asia Tengah: 30 000
Australia: 13 000
Eropa Barat: 470 000
Amerika Utara: 780 000

Dengan globalisasi, pergerakan penduduk dan pertumbuhan ekonomi, episentrum infeksi HIV / AIDS saat ini bergeser ke Asia.

Pencegahan AIDS:

Pada prinsipnya, pencegahan dapat dilakukan dengan cara mencegah penularan virus AIDS. Karena sebagian besar penularan AIDS adalah melalui hubungan seksual, penyebaran AIDS dapat dicegah dengan tidak mengubah mitra seksual. Pencegahan lain adalah melalui pencegahan kontak darah, seperti pencegahan penggunaan berulang jarum, orang-orang dengan virus tersebut tidak boleh menjadi donor darah.

Secara ringkas, pencegahan dapat dilakukan dengan formula ABC. Adalah abstinensia, yang berarti tidak berhubungan seks sebelum menikah. B adalah setia, yang berarti bahwa jika sudah menikah hanya berhubungan seks dengan pasangan mereka saja. C adalah kondom, yang berarti jika itu berarti A dan B tidak bisa dipatuhi maka harus digunakan alat pencegahan dengan menggunakan kondom.

Prediksi Masa Depan:

Tahun 2000, diperkirakan jumlah kasus HIV / AIDS akan meningkat 30-40 juta orang dan menambahkan kasus baru yang paling akan ditemukan di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Di negara-negara industri telah terlihat penurunan jumlah kasus baru (insidens) per tahun. Di Amerika Serikat, telah turun dari 100 000 kasus baru per tahun sampai dengan 40 000 kasus baru / tahun. Pola yang sama juga terlihat di Eropa Utara, Australia dan New Zealand.

Penurunan kasus baru terkait dengan tingkat penggunaan kondom, mengurangi jumlah pasangan seks dan memasyarakatnya pendidikan seks untuk remaja.

Penurunan infeksi HIV juga terjadi sebagai hasil dari diagnosa dini baik dan adekwat pengobatan untuk penyakit menular seksual (PMS). Di Tanzania, sebuah wilayah pelayanan telah berjalan dengan baik PMSnya kejadian HIV 40% lebih rendah. Penelitian di Pantai Gading, Afrika memperlihatkan bahwa pengobatan PMS mengurangi viral load sehingga mengurangi infektivitas.

Tahap AIDS:

Pada awalnya dimulai dengan transmisi dalam kelompok homoseksual (gay). Karena antara kelompok-kelompok homoseksual juga memiliki, biseksual maka infeksi menyebar ke kelompok heteroseksual yang sering memiliki banyak pasangan seksual.

Pada tahap kedua, infeksi mulai menyebar pada kelompok pelacur dan klien mereka.

Pada tahap ketiga transmisi, berkembang pada isteri dari pelanggan pelacur.

Pada tahap keempat mulai meningkat penularan pada bayi dan anak-anak dari ibu dengan HIV.

Infeksi HIV Perempuan Dalam Vulnerability:

Perempuan lebih rentan terhadap penularan HIV akibat faktor anatomis, biologis dan faktor sosiologis-gender.

kondisi anatomi-biologi menyebabkan struktur panggul nya perempuan dalam posisi untuk “menampung”, dan organ reproduksi wanita yang “masuk ke” daripada pria yang “mencuat”. Situasi ini menyebabkan infeksi mudah terjadi tanpa diketahui oleh khronik relevan. infeksi Khronik akan memfasilitasi masuknya virus HIV.

Mukosa (lapisan dalam) organ reproduksi wanita juga sangat halus dan rawan cedera dalam proses hubungan seksual. cedera ini juga memfasilitasi terjadinya infeksi HIV.

Gender sosiologis faktor yang terkait dengan status sosial rendah wanita (pendidikan, ekonomi, ketrampilan). Sebagai hasil dari wanita dalam keadaan rentan yang menyebabkan pelcehan dan penggunaan kekerasan seksual, dan akhirnya jatuh ke pelacuran sebagai strategi bertahan hidup.

Kasus di Ghana dalam bendungan dibangun Sungai Volta, menyebabkan ribuan warga mengungsi dari rumah mereka. Orang-orang bisa mendapatkan pekerjaan sebagai buruh dan kemudian menjadi nelayan. Perempuan hanya terbiasa dengan pekerjaan pertanian ke kota dan akhirnya dieliminasi terlibat dengan pekerjaan hiburan dan penyediaan jasa seksual. Akibatnya banyak menderita penyakit menular seksual (termasuk HIV) dan meninggal karena AIDS.

Di Thailand Utara, akibat pembangunan ekonomi dan menyebabkan pertumbuhan industri yang cepat tanah pertanian berkurang dan wanita pengungsi dari pekerjaan tradisionalnya di bidang pertanian. Sebagian besar kemudian migrasi ke kota-kota besar dan menjadi pekerja seks dan akhirnya terinfeksi oleh HIV.

HIV / AIDS di Indonesia:

Sampai September 1996, jumlah kasus HIV / AIDS mencapai 449 orang, dengan yang terbanyak pada usia 20-29 tahun kelompok usia (47%) dan kelompok-kelompok perempuan sebanyak 27%. Kelompok usia produktif (15-49 tahun) mencapai 87%. Dilihat dari lokasi, sebagian besar kasus ditemukan di DKI Jakarta, Irian Jaya dan Riau.

Jumlah kasus yang tercantum di atas adalah menurut catatan resmi yang jauh lebih rendah daripada hasil yang nyata keterbatasan sistem surveilans perangkat medis kami.

Masalah HIV / AIDS di banyak negara memperlihatkan fenomena gunung es, di mana tampilan jauh lebih kecil dari jumlah yang sebenarnya.

upaya pencegahan AIDS bertujuan Indonesia masih banyak kelompok-kelompok seperti para pekerja seks dan waria, meskipun mereka telah mendorong upaya-upaya yang ditujukan untuk masyarakat umum, seperti perempuan, ibu, mahasiswa dan remaja SMA. Yang masih belum diambil secara memadai adalah kelompok pekerja di perusahaan yang merupakan kelompok usia produktif.

Proyeksi pertumbuhan kasus HIV / AIDS di Indonesia diperkirakan akan istirahat dari 1 juta kasus pada tahun 2005, dan sesuai pola epidemiologis yang ada jumlah kasus akan ada kelompok usia yang paling produktif (harus diingat bahwa pada tahun 2003 Indonesia akan memasuki pasar bebas dan kebutuhan sumberdaya APEC manusia yang mampu bersaing di pasar global).

Pengobatan dan Vaksinasi:

Rapat ke Konferensi AIDS Internasional XI di Vancouver pada bulan Juli 1996 Joel melaporkan penggunaan tiga obat kombinasi (triple obat) yang dapat mengurangi viral load ke jumlah minimum dan memberikan harapan penyembuhan.

Kendala yang dihadapi dalam perawatan mahal untuk penyediaan obat dan biaya pemantauan laboratorium, yang mencapai US $ 16.000 – US $ 25.000/tahun. Kendala lain adalah kepatuhan pasien untuk minum obat dalam disiplin pada periode sebesar 1,5 – 3 tahun, karena obat ini tidak diminum secara teratur akan menyebabkan resistensi.

Mungkin karena biaya pengobatan yang tinggi, maka hanya ada 5-10% dengan HIV yang bisa mencari pengobatan menggunakan obat ini tiga kali lipat. Jika biaya tidak masalah ini dapat diatasi, maka obat tidak akan mampu memberantas HIV / AIDS secara signifikan.

Penelitian untuk menemukan vaksin untuk pencegahan HIV juga terus dilakukan. Biaya vaksinasi diperkirakan tidak akan semahal triple obat. Seandainyaoun ditemukan vaksin untuk pencegahan HIV, telah mencapai jumlah masalah adalah cakupan vaksinasi yang tinggi (80%) jika diinginkan dampak pemberantasan HIV. Untuk mencapai hal ini berbagai ukuran, diharapkan memerlukan biaya mahal dan sulit disediakan oleh negara-negara berkembang.

Efek samping obat dan ketersediaan biaya mahal untuk pelaksanaan vaksinasi, menyebabkan munculnya masalah baru diskriminasi yang kaya dan miskin. HIV yang kaya akan mampu menyediakan tiga kali lipat dari biaya obat-obatan, tetapi orang miskin tetap akan mati. negara-negara industri kaya bisa menyediakan biaya untuk mencapai cakupan vaksinasi yang tinggi, sementara negara berkembang tidak mungkin dapat.

KESIMPULAN:

Upaya pencegahan tetap lebih baik dan biaya-efektif dibandingkan dengan upaya pengobatan. Untuk itu kita perlu dipromosikan upaya pencegahan AIDS bagi seluruh lapisan masyarakat, termasuk kelompok pemuda-mahasiswa.

Sampai sekarang, mendengar kata HIV / AIDS sebagai momok yang mengerikan. Bahkan, jika dipahami dalam, logis HIV / AIDS dapat dengan mudah dihindari. Bagaimana itu?

Prevalensi HIV / AIDS di Indonesia telah bergerak dengan sangat cepat. Pada tahun 1987, HIV / AIDS kasus ditemukan untuk pertama kalinya hanya di Pulau Bali. Sedangkan saat ini (2007), hampir semua propinsi di Indonesia telah ditemukan kasus HIV / AIDS.

Masalah HIV / AIDS telah sejak lama menjadi isu bersama yang terus menyedot perhatian berbagai kalangan, terutama sektor kesehatan. Tetapi kenyataannya masih banyak informasi dan pemahaman masalah-masalah kesehatan, masih tidak diketahui oleh publik lebih lanjut.

HIV adalah virus penyebab AIDS. HIV ada dalam cairan tubuh seseorang seperti darah, cairan kelamin (air mani atau cairan vagina dari terinfeksi) dan payudara susu yang telah terinfeksi. Sedangkan AIDS adalah sindrom penurunan kekebalan yang disebabkan oleh HIV. Orang yang mengidap AIDS sangat mudah terinfeksi oleh berbagai penyakit karena sistem kekebalan tubuh pasien telah menurun.HIV dapat ditularkan kepada orang lain melalui:

1. Hubungan seksual (anal, oral, vaginal) yang tidak terlindungi (tanpa kondom) dengan orang-orang yang sudah terinfeksi HIV.
2. Jarum / piercing / tato yang tidak steril dan digunakan bergantian
3. Mendapatkan transfusi darah yang mengandung virus HIV
4. HIV Positif ibu kepada bayinya, sementara di dalam rahim, saat kelahiran atau melalui ASI (susu)

Transmisi

HIV tidak ditularkan melalui hubungan sosial yang normal, seperti berjabat tangan, menyentuh, berciuman biasa, berpelukan, makan dan minum penggunaan peralatan, gigitan nyamuk, kolam renang, penggunaan kamar mandi atau WC / toilet di rumah yang sama atau berbagi dengan orang-orang yang hidup dengan HIV / AIDS (ODHA). ODHA yang hidup dengan HIV atau AIDS. Sedangkan OHIDA (Orang hidup dengan HIV atau AIDS), yaitu keluarga (anak, istri, suami, ayah, ibu) atau teman dari orang dengan HIV atau AIDS.

Lebih dari 80% infeksi HIV diderita oleh kelompok usia produktif, khususnya laki-laki, tetapi proporsi penderita HIV perempuan cenderung meningkat. Infeksi pada bayi dan anak-anak, 90% terjadi dari ibu yang terinfeksi HIV. Sampai beberapa tahun, orang dengan HIV tidak menunjukkan gejala klinis infeksi HIV, tetapi, orang yang dapat menular kepada orang lain. Setelah itu, AIDS mulai berkembang dan menunjukkan tanda-tanda atau gejala gejala.Tanda tanda-tanda klinis penderita AIDS:

1. Berat badan menurun lebih dari 10% dalam satu bulan
2. Diare kronis yang berlangsung lebih dari 1 bulan
3. Demam berkepanjangan lebih dari 1 bulan
4. Penurunan kesadaran dan gangguan neurologis
5. Demensia / HIV ensefalopati

Minor gejala:

1. Batuk menetap lebih dari 1 bulan
2. Umum dermatitis gatal
3. Adanya Herpes zoster multisegmental dan berulang
4. Infeksi jamur berulang pada alat kelamin wanita

HIV dan AIDS dapat menyerang siapa saja. Namun pada kelompok rawan mempunyai risiko lebih besar tertular HIV penyebab AIDS, yaitu:

1. Orang yang berperilaku seksual dengan mitra seksual tanpa menggunakan kondom beberapa
2. Suntik pengguna narkoba yang menggunakan jarum bersama-sama
3. Pengguna suntik narkoba mitra seksual
4. Bayi yang ibunya positif HIV

HIV dapat dicegah dengan rantai penularan, yaitu, dengan menggunakan kondom pada setiap hubungan seks berisiko, tidak ada jarum-bersam sama, dan sejauh mungkin tidak memberikan susu kepada anak-anak ketika ibu HIV positif. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan AIDS, tapi itu ada obat untuk menekan perkembangan virus HIV sehingga kualitas hidup orang yang hidup dengan HIV meningkat. Obat ini harus diminum sepanjang hidup.

Skrining Dengan Teknologi Modern

Sebagian besar tes antibodi HIV tes yang mengukur antibodi yang dibuat oleh tubuh untuk melawan HIV. Dia membutuhkan waktu untuk sistem kekebalan untuk memproduksi antibodi yang cukup untuk dideteksi oleh tes antibodi. Jangka waktu tersebut dapat berbeda dari satu orang ke orang lain. Periode ini biasanya diseput sebagai ‘periode jendela’. Sebagian besar orang akan mengembangkan antibodi terdeteksi dalam waktu dua sampai delapan minggu. Namun, ada kemungkinan bahwa beberapa individu akan memakan waktu lebih lama untuk mengembangkan antibodi yang dapat dideteksi. Jadi, jika tes HIV awal negatif dilakukan dalam waktu tiga bulan setelah terkena mungkin untuk kuman, tes ulang harus dilakukan sekitar tiga bulan kemudian, untuk menghindari kemungkinan hasil negatif palsu. 97% orang akan mengembangkan antibodi pada 3 bulan pertama setelah infeksi HIV terjadi. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, akan mengambil enam bulan untuk mengembangkan antibodi terhadap HIV.

Jenis lain adalah tes tes RNA, yang dapat mendeteksi HIV secara langsung. Waktu antara infeksi HIV dan deteksi RNA adalah antara 9-11 hari. Tes ini, yang lebih mahal dan digunakan lebih jarang daripada tes antibodi, telah digunakan di beberapa daerah di Amerika Serikat.

Dalam kebanyakan kasus, EIA (enzyme immunoassay) digunakan pada sampel darah diambil dari vena, adalah test skrining yang paling umum untuk mendeteksi antibodi HIV. EIA positif (reaktif) harus digunakan dengan test konformasi seperti Western Blot untuk memastikan diagnosis positif. Ada beberapa jenis tes EIA yang menggunakan cairan tubuh lainnya untuk menemukan antibodi HIV. Mereka

Oral Fluid Test. Menggunakan cairan oral (bukan saliva) yang dikumpulkan dari mulut menggunakan alat khusus. Ini adalah tes antibodi EIA yang serupa dengan test darah dengan EIA. Test konformasi dengan metode Western Blot dilakukan dengan sampel yang sama.

Test Urine. Menggunakan urine, bukan darah. Sensitivitas dan spesifisitas dari tes ini adalah tidak sebaik tes darah dan cairan oral. Dia juga memerlukan tes konfirmasi dengan metode Western Blot dengan sampel urine yang sama.

Jika seorang pasien HIV-positif hasil, itu tidak berarti bahwa pasangan hidup dia juga positif. HIV tidak dapat ditransmisikan setiap kali terjadi hubungan seksual. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah pasien memiliki pasangan HIV positif atau tidak adalah dengan melakukan tes HIV terhadapnya.Test HIV selama kehamilan adalah penting, karena terapi anti-viral dapat meningkatkan kesehatan ibu dan mengurangi kemungkinan dari wanita hamil yang HIV-positif menularkan HIV kepada anaknya sebelum, selama, atau setelah kelahiran. Terapi harus dimulai sedini mungkin dalam kehamilan.

Di Indonesia, sebuah rumah sakit besar di ibukota provinsi ini telah menyediakan fasilitas untuk tes HIV / AIDS. Di Jakarta, Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan rumah sakit lainnya juga memiliki fasilitas untuk itu. Di Bandung, Rumah Sakit Hasan Sadikin juga memiliki fasilitas yang sama.







Cari Artikel Kesehatan Disini


Artikel Terkait :



One Response so far

Leave a Reply

Silahkan Sobat memberi komentar, bisa nanya, saran, atau kritik.. agar kita bisa saling berbagi pengetahuan