March 10, 2012

Cara Mengetahui Madu Asli Atau Palsu

0 comments
madu pict

1. Campurkan 4 tetes iodium tincture kedalam 25 tetes madu kemudian kocoklah sampai rata. Bila warnanya berubah menghitam dipastikan madu tersebut PALSU yang terbuat dari gula. Yang asli warna madu tetap seperti semula atau menjadi gelap kemerah-merahan.

2. Aduklah sampai rata 3 sendok madu dalam segelas air biarkan selama beberapa waktu. Bila terdapat endapan butiran yang berwarna hitam maka madu tersebut PALSU. Madu asli akan terlihat endapan butiran berwarna coklat muda kekuning-kuningan.

3. Panaskan setengah sendok makan madu di atas lilin bila madu asli setelah mendidih akan berbuih banyak dan akan tumpah. Madu PALSU buihnya kecil-kecil dan tidak tumpah.

4. Kocok madu murni dalam botol yang tidak berisi penuh selama 2 menit, madu asli akan terdapat butiran gelembung merata secara keseluruhan dan warna madu akan menjadi lebih muda (agak putih) dan setelah dibiarkan beberapa waktu madu akan berubah kembali ke warna seperti semula dengan tetap berbuih.

5. Madu yang dipanen di hutan pati mengandung tepung sari bunga (bee pollen) tepung sari bunga tersebut akan terlihat jelas dengan alat mikroskop berbentuk segitiga berwarna kuning.

6. Madu alami memiliki pH 3,4 - 4,5 diatas atau dibawah itu maka PALSU.

Tags :





Cari Artikel Kesehatan Disini


Artikel Terkait :



Leave a Reply

Silahkan Sobat memberi komentar, bisa nanya, saran, atau kritik.. agar kita bisa saling berbagi pengetahuan