October 23, 2012

Obati Luka dengan Wijayakusuma

0 comments
wijayakusuma
Nama lokal dari tanaman ini adalah Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) termasuk famili Cactaceae.

Wijayakusuma (Epiphyllum anguliger) termasuk jenis sukulen dari keluarga kaktus, divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Jenis kaktus terdapat sekitar 1.500 jenis. Tanaman kaktus dapat hidup subur di daerah sedang sampai tropis dengan menyukai media tanah berpasir.

Bunga wijayakusuma hanya merekah beberapa saat saja, kelopak bungahnya membuka pada malam hari. Tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah, tergantung dari iklim, kesuburan tanah dan cara pemeliharaan. Morfologi tanaman wijayakusuma dapat dilihat dengan jelas mana bagian daun dan mana bagian batangnya, setelah tanaman ini berumur tua. Batang pohon wijayakusuma sebenarnya terbentuk dari helaian daun yang mengeras dan mengecil. Bentuk daunnya pipih, berwarna hijau dengan permukaan daun halus tidak berduri, pada setiap tepian daun wijayakusuma terdapat lekukan-lekukan yang ditumbuhi tunas daun atau bunga . Wijayakusuma dapat tumbuh baik ditempat yang tidak terlalu panas.

Manfaat :

Mengobati Luka
Bahan: 1 helai daun wijayakusuma
Cara membuat: ditumbuk halus
Cara menggunakan: dioleskan pada luka, kemudian dibalut verban.
Kandungan kimia: Tumbuhan wijayakusuma mempunyai daya ampuh untuk meredam rasa sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga memiliki daya yang dapat mempercepat masaknya luka abses. Komposisi kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan ini belum ada penelitian.





Cari Artikel Kesehatan Disini


Artikel Terkait :



Leave a Reply

Silahkan Sobat memberi komentar, bisa nanya, saran, atau kritik.. agar kita bisa saling berbagi pengetahuan